===============================================================

KREATIF MERANGKAI KATA DALAM RESUME

Tantangan utama dalam membuat resume agar HRD tertarik untuk memanggil Anda adalah bagaimana membuatnya menarik, bisa menggambarkan kekuatan dan keunikan diri Anda, dalam 2 MENIT PERTAMA secara BENAR (tidak bohong). Apa rahasianya? Kali ini akan kita soroti mengenai penggunaan kalimat yang berbobot serta kata-kata yang berkarakter.

Sama halnya dengan seorang penyair yang cermat dalam memilih kata-kata yang akan digunakannya untuk mengungkapkan perasaaan dan atau jalan pikirannya, begitu juga seharusnya Anda ketika membuat resume. Beri perhatian besar khususnya pada bagian deskripsi tugas dan atau prestasi Anda. Ada tugas-tugas yang sebetulnya sederhana, umum dan biasa-biasa saja, tetapi bila dirumuskan dengan kalimat lain akan menimbulkan kesan yang sangat berbeda.

Contoh 1 :
Seorang Chief Accounting menulis salah satu tugasnya sebagai berikut :
- Membuat budget dan rencana pembayaran tagihan

Bandingkan dengan perumusan berikut :
- Merencanakan dan memastikan semua tagihan dapat dibayar tepat waktu
Perhatikan perbedaan antara kata-kata Membuat dan Memastikan. ”Membuat” terdengar seperti kita sedang mengerjakan hal yang biasa-biasa saja. Sedangkan kata ”Memastikan” lebih berkarakter, karena terkesan lebih berbobot dan diperlukan usaha lebih untuk melakukan hal yang dimaksud. Perhatikan juga adanya target waktu yang diperlihatkan dalam perumusan kedua yang mencerminkan ada upaya untuk mengorganisir pekerjaan.

Contoh 2 :
Seorang Quality Control Staff di perusahaan kontraktor konstruksi menulis tugasnya dengan hanya satu kalimat berikut :

Melakukan pengecekan pada pekerjaan konstruksi yang sedang dilakukan agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan penulisan seperti itu, tugas si Quality Control Staff terkesan biasa dan umum dilakukan oleh semua Quality Control Staff di bidang yang sama di manapun juga.

Bandingkan dengan perumusan berikut ini :

Memastikan agar pekerjaan konstruksi digarap sesuai dengan standar yang ditetapkan dan selesai tepat waktu
Melakukan analisa terhadap kegagalan pemenuhan standar dan merekomendasikan penyelesaian masalah yang tepat
Berkoordinasi dengan departemen terkait untuk menciptakan sistem yang dapat mencegah penyimpangan atau penurunan kualitas pekerjaan

Secara keseluruhan perumusan tugas yang kedua menimbulkan kesan :
Tugasnya kelihatan lebih berbobot dan beragam

Yang bersangkutan terbiasa untuk :
fokus pada target
bekerja dengan perencanaan
berpikir analitis dan mengembangkan ketrampilan pemecahan masalah dalam melaksanakan tugasnya
bekerja sama dengan tim

Jadi, kembangkanlah kreativitas Anda. Rumuskan tugas-tugas Anda dengan kalimat-kalimat yang berbobot dan kata-kata yang berkarakter secara singkat dan jelas. Jangan pernah kehabisan akal dalam membuat resume yang menarik.

Sumber tokhe : http://karir.com/

Your Ad Here

Mesin Pencari Pekerjaan