Tetapi tahukah Anda, di lain pihak banyak perusahaan juga mengeluh sulit mendapatkan tenaga kerja, bukan hanya yang sudah berpengalaman melainkan juga yang baru lulus. Apa yang sesungguhnya terjadi?
Pencari kerja kadang sulit mendapatkan pekerjaan bukan hanya semata-mata karena lowongan yang terbatas atau tidak ada kesesuaian kompetensi, melainkan juga karena KETIDAKSIAPAN dan HAMBATAN yang dengan atau tanpa sengaja mereka ciptakan sendiri. Apa saja yang termasuk di dalamnya?
1. Nomor telepon yang dicantumkan pada resume tidak aktif/tidak bisa dihubungi.
2. Data-data lain mengenai pengalaman kerja dan sebagainya yang disajikan dalam resume tidak akurat atau sudah tidak valid lagi.
3. Tidak bisa meyakinkan HRD pada saat wawancara :
- tidak bersemangat
- tidak tahu jabatan yang dilamar apa
- tidak punya gambaran tentang perusahaan dan posisi yang dilamar
- tidak mampu menunjukkan sikap yang profesional melalui cara berkomunikasi, cara berinteraksi, cara menjawab dan mengajukan pertanyaan
- tidak mampu berkomunikasi dengan baik
- tidak mampu mempresentasikan diri dengan baik (tidak mengenali diri sendiri dengan baik, tidak tahu kekuatan dan ketrampilan diri sendiri, tidak mengenakan busana yang pantas, dsb.)
- datang terlambat
4. Tidak datang ketika dipanggil wawancara
5. Tidak membawa dokumen yang diminta sebagai kelengkapan persyaratan
6. Tidak siap dan tidak mampu mengisi form aplikasi standar yang disediakan perusahaan secara lengkap dan meyakinkan
7. Tidak bisa membuat resume yang menarik
8. Tidak fokus dan tekun dalam mencari dan melamar pekerjaan
Bagaimana dengan Anda?
Pastikan diri Anda benar-benar siap untuk memasuki dunia kerja dan telah meminimalkan semua kendala yang membuat Anda sulit untuk dipekerjakan.
Sumber tokhe : http://karir.com/