===============================================================

Dinas Budpar Sleman Promosikan Sadar Wisata dan Sapta Pesona

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman melakukan promosi dan penyuluhan sadar wisata dan sapta pesona bagi warga masyarakat Rumah Domes, Sengir Sumberharjo Prambanan dan sekitarnya selama dua hari Sabtu 28 Maret dan Senin 30 Maret 2009.
Sebagai pembicara dalam acara tersebut Drs. Edi Purnomo dari ASITA DIY dengan materi Sadar Wisata dan Sapta Pesona dengan topik khusus “Mempersiapkan Domes sebagai Obyek Wisata”, dosen Fakultas Teknik Arsitektur UGM Dyah Titisari, ST, MUDD dengan materi Menata Lingkungan dan Rumah dengan Asri serta teori sekaligus praktek tentang Pengolahan Limbah dan Pembuatan Pupuk Organik oleh praktisi desa wisata Sukunan Iswanto, S.Pd, M.Kes.
Sebagaimana diungkapkan panitia penyelenggara Budiharjo, A.Md, promosi dan penyuluhan sadar wisata dan sapta pesona yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep Sadar Wisata dan Sapta Pesona sebagai unsur penting dalam pengembangan kepariwisataan yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Disamping itu juga untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam mendukung upaya terwujudnya Sadar Wisata dan Sapta Pesona.
Secara khusus, pembinaan kelompok sadar wisata ini diharapkan akan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan ketrampilan tehnis kepada masyarakat di sekitar obyek wisata terkait dengan upaya-upaya untuk memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan, baik wisatawan domestik maupun manca negara. Dalam acara tersebut dihadirkan 50 warga masyarakat setempat yang terdiri atas para tokoh masyarakat dan masyarakat di sekitar Domes.
Sementara itu Kapala Seksi Pemasaran Wisata Dra. Shavitri Nurmala Dewi, MA mengungkapkan bahwa Domes sudah menjadi obyek wisata yang banyak diminati oleh wisatawan baik dalam negeri maupun manca negara. Karena disamping keunikannya yang tiada duanya di Indonesia yang dikenal juga dengan Rumah Teletubies, Domes merupakan tonggak bersejarah pasca bencana gempa bumi tahun 2006 silam. Sehubungan dengan hal tersebut ia mengajak kepada masyarakat setempat dan sekitarnya untuk menyiapkan diri sebagai tuan rumah yang baik, mengingat kedepan tentu akan semakin banyak wisatawan yang datang. Sikap dan perilaku masyarakat setempat terhadap wisatawan yang datang akan sangat berpengaruh terhadap pengembangan obyek wisata itu sendiri dimasa mendatang.
Disamping itu pula, pihak pemerintah daerah tentu akan melakukan promosi seoptimal mungkin melalui berbagai sarana, baik melalui pameran, travel dialog maupun melalui website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Sumber Tokhe on the Net :
http://www.tourismsleman.com

Your Ad Here

Mesin Pencari Pekerjaan