===============================================================

Labuhan Pantai Selatan

Ritual labuhan pantai selatan ini adalah ritual yang dianggap sangat penting bagi Kraton Jogja. Berbagai persembahan ditawarkan pada Kanjeng Ratu Kidul. Dilaksanakan di Parangkusumo, ritual ini bertujuan sebagai upacara permohonan untuk mendapatkan kesejahteraan dan keselamatan hidup.
Sejarahnya, Kanjeng Ratu Kidul mempunyai hubungan dengan Raja-Raja Mataram, dan ini memperkuat legitimasi Sultan-Sultan di Kraton Jogja. Kanjeng Ratu Kidul telah berjanji untuk selalu melindungi Panembahan Senopati, yang merupakan asal-usul Kerajaan Mataram, dan seluruh keturunannya apabila datang masa-masa sulit.
Menurut kepercayaan, Kanjeng Ratu Kidul memiliki seorang patih yang sangat setia dan dan sangat kuat, bernama Nyai Roro Kidul. Karenanya terdapat 2 persembahan, untuk Kanjeng Ratu Kidul yang bernama Pengajeng dan untuk Nyai Roro Kidul yang bernama Penderek.
Upacara dilaksanakan di pagi hari oleh para abdi dalem dan masyarakat. Dibuka oleh mantra dari juru kunci Parangkusumo, persembahan-persembahan yang berupa pakaian wanita, alat-alat rias, sirih, bunga, dan "ubo rampe" lainnya dihanyutkan ke laut selatan.
Dalam ritual ini, Sri Sultan, sebagai raja yang berkuasa, juga akan mengumpulkan pakaian bekas yang pernah dipergunakan, potongan rambut, serta potongan kuku beliau. Kesemuanya itu ditanamkan di dalam areal tanah sengker – suatu area tanah yang dianggap sakral dan keramat di daerah Parangkusumo.

Tokhe on the Net

Your Ad Here

Mesin Pencari Pekerjaan